KLUBTEKNO.COM

Kabar Terkini Dunia IT, Gagdet, dan Teknologi

Buat Kamu Yang Tidak Bisa Hidup Tanpa Instagram, Sudah Tahu 5 Fakta Menarik Ini Belum?

Foto: unsplash

KlubTekno.com – Buat Kamu Yang Tidak Bisa Hidup Tanpa Instagram, Sudah Tahu 5 Fakta Menarik Ini Belum?

Tidak dapat dipungkiri, dari tahun ke tahun Instagram semakin menunjukkan eksistensinya. Bahkan, kini Instagram menjadi salah satu jejaring sosial yang paling populer bersama dengan Facebook. Walaupun memang dari segi jumlah penggunannya, Instagram masih belum menandingi Facebook. Namun, para pengamat teknologi dunia pun meyakini bahwa bila suatu saat nanti keduanya akan seimbang dari jumlah total penggunanya.

Apalagi saat ini Instagram mengalami tren peningkatan pengguna setiap harinya dan justru Facebook-lah yang mengalami kemerosotan. Bahkan, tidak sedikit orang yang akhirnya memilih untuk menutup akun Facebooknya, dan berganti menggunakan platform lain, seperti salah satunya adalah Instagram. Fakta yang sungguh menarik, bukan?

Memang, penggunaan instagram sedang tren saat ini. Banyak orang sudah mengetahui apa itu Instagram dan paham cara menggunakannya. Namun, tidak sedikit pula yang belum mengetahui bahwa ada beberapa hal tersembunyi dari sosial media populer satu ini. Bahkan, mungkin kamu juga belum tahu! Jadi, simak dulu yuk beberapa hal unik dan menarik di Instagram yang tidak banyak orang mengetahuinya berikut ini!

1. Pengaturan Filter Tersembunyi Instagram. Apakah Kamu Sudah Mencobanya?

Mungkin selama ini kamu hanya mengetahui bahwa Instagram memiliki beberapa filter yang dapat kamu lihat sesaat sebelum kamu post foto yang ingin kamu unggah. Filter yang tertampil tersebut hanya berjumlah 24 buah. Padahal, sebenarnya ada 40 filter yang dimiliki oleh Instagram dan dapat kamu gunakan lho!

Cara untuk memunculkannya adalah dengan menggeser layar ke arah kanan dari deretan filter yang ada. Kemudian, temukanlah icon bergambar gear bertuliskan Manage dan tap di icon tersebut. Voila! Setelah masuk, maka kamu akan mendapati banyak sekali nama-nama filter baik yang terpampang di halaman muka ataupun yang masih tersembunyi.

Ketahuilah, jika kamu ingin mengganti atau menggunakan filter yang berbeda-beda tersebut, maka kamu bisa membubuhkan simbol check atau uncheck pada setiap filter. Namun, hal yang perlu diingat adalah jumlah total maksimal filter yang dapat muncul di halaman depan hanyalah 24 buah saja. Wah, tentunya selebgram indonesia mesti coba nih fitur menarik ini!

2. Sharing Postingan Di Stories Mudah Tanpa Screenshot

Terkadang kamu melihat ada sebuah insta stories dari seseorang yang bagus atau juga yang ingin kamu bagikan karena suatu alasan. Cara sederhana untuk membagikan postingan tersebut di akun instagram-mu sendiri adalah dengan melakukan screenshot, kemudian mengunggahnya kembali. Namun, tahukah kamu ada cara yang lebih praktis?

Kamu hanya tinggal melakukan tapping pada icon pesawat kertas di bagian bawah. Setelah itu, kamu akan dibawa ke halaman sharing. Di laman tersebut kamu dapat memilih, “Create a story with this post.” Dan voila! Kamu sudah bisa menggunakan Stories tersebut menjadi Stories kamu sendiri. Bahkan, kamu dapat mengeditnya terlebih dahulu sebelum menekan tombol post. Gimana, tertarik mencoba trik ini?

3. Following Hashtag, Trik Mengetahui Tren Sosial Media Terbaru Tanpa Harus Follow Akun 

Pada umumnya, ketika seseorang ingin mengikuti perkembangan suatu berita, momen atau tren, maka orang tersebut akan menelusurinya melalui postingan hashtag di media sosial. Hanya saja, melakukan cara ini akan sedikit lebih merepotkan jika harus mencari hashtag tersebut satu persatu walaupun sudah dapat dimudahkan melalui kolom pencarian.

Jadi, supaya pencarian lebih efektif, sebenarnya kamu bisa lho menggunakan cara yang lain. Dibandingkan dengan menggunakan kolom search yang ada pada bagian atas aplikasi instagram, lebih baik kamu menuliskan tagar yang ingin dilihat dan kemudian tap pada tombol Follow. Dengan melakukan trik ini, maka ke depannya kamu akan terus mendapatkan update terbaru dari hashtag yang kamu ikuti itu tanpa harus following akun seseorang.

4. Bersihkan Search History

Bagi yang tidak terbiasa mengoperasikan Instagram, maka akan sulit untuk menemukan bagaimana cara menghapus semua hasil pencarian atau search history. Padahal, untuk menghapus search history sebenarnya cukup mudah lho karena Instagram sendiri telah menempatkan kolom khusus untuk itu. Namun, tempatnya memang tersembunyi dan belum diketahui banyak orang.

Nah, tahapan untuk melakukannya adalah kamu cukup melakukan tap di bagian profile, kemudian tekan 3 garis di pojok atas kanan. Setelah itu, nanti akan muncul laman lain yang berisikan Nametag, Saved, Close Friends dan Discover People. Kemudian, pada bagian bawah daftar menu kamu juga akan menemukan sebuah icon gear bertuliskan Settings. 

Lakukan tap pada icon tersebut, dan kamu akan dibawa ke laman yang berisikan informasi detail terkait kepemilikan akun. Termasuk salah satunya yang terdapat di bagian bawah adalah Search History. Langsung saja masuk ke Search History dan terakhir lakukan tap pada menu Clear Search History untuk menghapus semua hasil pencarianmu di instagram. Mudah, kan?

5. Pin Postingan Instagram Ke Pinterest

Memang secara umum, antara Instagram dan Pinterest belum terintegrasi. Namun, bukan berarti kamu tidak dapat menghubungkan atau memasukkan langsung postingan di Instagram kamu ke Pinterest ya! Caranya sangat mudah kok! Kamu hanya tinggal melakukan tap pada Copy Link yang dapat kamu akses dengan cara menekan 3 titik hitam pada sudut kanan atas postingan yang ingin kamu bagikan. Setelah itu, bukalah Pinterest dan pada kolom “New Pin,”. Terakhir, pilih Copied Link, dan kemudian secara otomatis Pinterest akan langsung menampilkan link beserta gambar serta caption pada clipboard-nya.

Bagaimana, apakah kamu sudah tahu atau mencoba trik ini sebelumnya? Saling share ya di kolom komentar! Jangan lupa juga follow media sosial KlubTekno.com di Twitter, Instagram, dan Fanpage kalau memang postingan ini bermanfaat untuk kamu. Selamat mencoba! (da/ddr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *