KLUBTEKNO.COM

Ingin Ciptakan Hasil Foto Profesional Pakai Smartphone? Ini Cara Mudahnya!

Foto: unsplash

KlubTekno.com – Ingin Ciptakan Hasil Foto Profesional Pakai Smartphone? Ini Cara Mudahnya!

Dari tahun ke tahun, fitur kamera yang tersemat di smartphone semakin bagus, berkualitas dan memiliki pixel yang cukup besar. Bahkan, diantaranya ada yang menyaingi besaran pixel yang dimiliki kamera-kamera DSLR atau mirrorless pada umumnya. Tak heran, semakin banyak orang yang berkreasi hanya menggunakan smartphone-nya. Mengabadikan momen atau sekadar menjalani hobi memotret kini tak lagi bergantung kepada kamera DSLR. Lantas, bagaimana sih cara menghasilkan kualitas foto seperti profesional walaupun hanya menggunakan smartphone? Yuk simak tips dan triknya!

1. Jangan Abaikan Cahaya Sebagai Salah Satu Cara Untuk Menghasilkan Foto Smartphone Yang Bagus

Berbeda dengan kamera yang memang sudah dirancang sedemikian rupa. Bagi para fotografer mobile, jangan pernah abaikan masalah cahaya. Pasalnya, smartphone baru bisa mengabadikan obyek atau momen yang bagus ketika sedang ada banyak cahaya. Sebaliknya, jika kualitas cahaya berkurang dan kamu tetap memaksakan untuk memotret di tempat yang minim cahaya, hasilnya akan terlihat kurang bagus. Bahkan, walaupun sudah menggunakan flash atau blitz, hasilnya akan terasa sangat tidak natural.

2. Perhatikan Timing Saat Golden Hour

Dalam dunia fotografi, ada waktu khusus yang sangat bagus untuk dijadikan momen hunting berbagai macam foto kejadian atau orang. Waktu tersebut dikenal dengan istilah golden hour. Ini adalah momen singkat yang hanya berlangsung kurang lebih 15 hingga 30 menit setiap harinya. Maka, untuk menangkap momen ini, kamu harus sudah siap dengan segala ide serta perangkat yang kamu butuhkan untuk menghasilkan hasil foto yang bagus yang selaras dengan waktu golden hour ini. Ketahuilah bahwa beberapa saat setelah matahari terbit atau sebelum matahari benar-benar terbenam adalah waktu yang tepat untuk menangkap golden hour.

3. Angle Yang Tepat Akan Bisa Hasilkan Foto Yang Bagus Secara Maksimal

Angle adalah rumus pasti dalam sebuah fotografi, baik yang menggunakan kamera ataupun smartphone. Untuk mendapatkan hasil karya foto yang bagus, maka kamu harus benar-benar pintar mencari angle dan mengasah instingmu untuk melihat dari sudut mana suatu obyek akan terlihat lebih menarik. Memang, mengenai angle ini kamu harus rutin latihan agar foto yang dihasilkan nampak menarik. Practice makes perfect, right?

4. Komposisi, Rumus Penting Yang Tidak Boleh Dilupakan Saat Menangkap Momen Foto

Selain angle, komposisi juga termasuk dalam “The Rule of Thirds”-nya fotografi. Setelah menentukan angle yang tepat, maka jangan langsung menekan tombol shutter pada smartphone-mu. Akan tetapi, bermain-mainlah juga dengan komposisi. Yang dimaksud komposisi ini adalah kamu dapat menentukan garis batas atas, bawah, kanan dan kiri dari obyek yang ingin kamu abadikan. Triknya, jika ingin mengambil foto portrait, maka ada baiknya untuk meletakkan obyek tepat di tengah. Namun, jika ingin sedikit bernuansa lain, maka pertimbangkan unsur-unsur lain di dalam foto tersebut. Serta jangan sampai memotong obyek dengan sengaja.

5. Manfaatkan Momen Unik Di Lingkungan Sekitar Saat Ingin Memotret

Yang dimaksud dengan memanfaatkan lingkungan sekitar adalah ketika di sekeliling obyek ada sebuah obyek lain yang bila kamu perhatikan dengan detail akan membentuk satu garis unik berupa diagonalvertikal, atau sebuah lingkaran, maka kamu pun dapat memanfaatkannya sebagai media untuk mempercantik obyek ataupun momen yang bakal kamu abadikan tersebut. Perhatikan dengan seksama apa ada yang disekelilingmu, siapa tahu bisa memperkaya cerita di dalam foto yang akan kamu ambil.

6. Mengurangi Atau Bahkan Menghilangkan Zoom Lebih Baik Untuk Hasil Foto Smartphone Dengan Kualitas Sempurna 

Inilah yang terkadang dilupakan bagi sebagian orang yang sedang belajar smartphone photography. Padahal, untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, sebaiknya jangan sekali-kali menggunakan fitur zoom. Hal ini dikarenakan walaupun kamera memiliki besaran pixel di atas rata-rata, namun dengan menggunakan fitur tersebut, maka gambar atau foto akan menjadi pecah ketika dilihat kembali di layar monitor PC atau laptop. Sayang kan, jika momen yang sudah tertangkap indah, malah terlihat pecah pixel-nya karena zoom?

Nah, itulah 6 tips yang wajib kamu kuasai atau setidaknya kamu pahami terlebih dahulu untuk menghasilkan foto mobile yang berkualitas profesional. Jangan berhenti untuk mencoba dan jangan takut untuk hasilkan foto yang jelek, karena dari situlah kamu akan mendapatkan parameter dan pengalaman berharga. Setuju dong, guys? (da/ddr)