KLUBTEKNO.COM

Kabar Terkini Dunia IT, Gagdet, dan Teknologi

Ingin Laptop Selalu Dalam Performa Maksimal? Lakukan 3 Cara Sederhana Berikut Ini!

Foto: unsplash

KlubTekno.com – Ingin Laptop Selalu Dalam Performa Maksimal? Lakukan 3 Cara Sederhana Berikut Ini!

Pernahkah kamu merasa kenapa semakin lama, laptop atau PC yang kamu miliki semakin lemot, bahkan menurun performanya? Padahal, kamu sendiri tidak pernah lakukan modifikasi pada bagian-bagian tertentu dari perangkat laptopmu. Nah, ketahuilah apabila berbicara masalah penurunan performa dan kecepatan dari laptop atau PC yang kamu miliki, maka sebenarnya ada banyak faktor yang dapat menyebabkannya, lho.

Masalah laptop yang semakin lemot ini bisa disebabkan oleh tiga hal berikut: 1) Kapasitas RAM yang kecil, namun dipaksa untuk membaca begitu banyak file, 2) Memaksakan kinerja laptop untuk mengoperasikan program besar, dan 3) Adanya virus atau malware yang masuk ke dalam komputermu. Lantas, bagaimana ya solusinya kalo komputer sudah terkena salah satu dari tiga penyebab tersebut?

Pertama, harus kamu pahami dulu, dari berbagai macam faktor itu, kamu wajib lakukan analisa mendetail terlebih dahulu. Baru kemudian melakukan recovery yang tepat agar dapat membuat performa perangkat setidaknya mendekati seperti saat baru saja dibeli dulu. Namun, sayangnya pada kenyataannya, memang tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara melakukan hal tersebut dengan benar. Bukannya memperbaiki, malah bisa makin merusaknya.

Agar masalah mengenai laptop lemot ini segera teratasi dengan baik, berikut KlubTekno.com berikan beberapa panduan singkat yang mungkin sangat berguna bagi orang awam agar dapat mengembalikan laptop selalu dalam keadaan performa maksimal. Mari simak dan ikuti langkah-langkahnya berikut ini ya!

1. Bersihkan Hard Drive, Cara Sederhana Mengembalikan Performa Laptop

Apakah kamu mengetahui bahwa semua PC atau laptop memiliki perangkat keras (hardware) yang dinamakan hard drive? Perangkat ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan segala hal penting yang berkaitan dengan perangkatmu secara langsung, mulai dari data sampai dengan operating system yang dipakai. Hanya saja, memang masih banyak orang yang tidak sadar atau tidak tahu bahwa sebenarnya pemilik perangkat diwajibkan untuk menyisakan sekurang-kurangnya 10 GB hingga 20 GB dari space hard drive tersebut. Hal ini perlu dilakukan supaya tetap kosong agar operating system yang dipakai tetap dapat berjalan lancar tanpa kendala lemot lagi.

Pahami juga bahwa hard drive yang telah penuh terisi data, maka akan membuat operating system dan juga RAM membutuhkan waktu lama dalam memindai setiap program, file dan sistem lainnya. Belum lagi banyaknya file-file sampah yang masih tersimpan di dalam sistem. Nah, hal-hal yang seperti inilah bisa membuat PC atau laptop menjadi kembali menurun performa dan kecepatannya. Maka, untuk mengatasinya, buanglah data-data yang sudah tidak terpakai seperti yang ada di dalam Folder Temp di Drive C/Windows. Dengan begitu, ruang memori di dalam hard drive menjadi sedikit lebih longgar. Caranya, bersihkan semua film yang tidak diperlukan menggunakan fasilitas Disk Clean-Up yang biasanya sudah terpasang di berbagai seri operating system Microsoft Windows.

2. Menghapus Program Yang Tidak Terpakai

Menjadi satu hal yang cukup wajar bagi semua orang ketika baru saja membeli perangkat PC atau laptop baru, maka akan terburu-buru mengisi atau menginstal berbagai software yang dirasanya dapat berguna di kemudian hari. Namun sayangnya, justru hal tersebut dapat membebani kinerja dari perangkat sehingga menjadi lemot.

Oleh karenanya, ada baiknya untuk menghapus atau uninstall program-program yang sudah tidak lagi diperlukan atau jarang digunakan agar dapat membuat space di hard drive jadi lebih leluasa. Nah, cara untuk mengetahui program mana saja yang sudah terinstal di dalam PC atau laptop adalah dengan mengakses menu berikut: Control Panel > Programs and Features > Uninstall A ProgramCoba deh!

3. Lakukan Defrag Pada Hard Drive

Banyak yang mengatakan bahwa tidak perlu terlalu sering melakukan defragmentasi pada hard drive karena tidak membuahkan hasil yang sangat maksimal. Memang benar sih, akan tetapi fungsi defrag pada operating system ini sebenarnya adalah untuk menata kembali semua data atau file termasuk juga sistem-sistem yang berjalan di antaranya supaya menjadi lebih rapi. Kemudian, setelah menjadi rapi, maka akan terlihat banyak ruang kosong yang tersisa.

Cara untuk melakukan defragmentasi hard drive adalah klik kanan pada drive yang ingin di-defrag (contoh drive C) > Properties > Tools > Optimize. Kamu juga bisa memilih tetap melakukan defrag drive C atau memilih drive lainnya sesuai kebutuhan kamu. Ketahuilah juga, biasanya proses defrag ini membutuhkan waktu yang lama. Hal ini juga sangat tergantung dari besar tidaknya hard drive yang di-defrag. 

Bagaimana, sangat mudah bukan untuk dicoba sendiri kepada perangkat laptop atau pc-mu? Selamat mencoba dan mempraktikkannya ya, guys! Bila kamu punya tips jitu lain yang membuat kinerja laptop lebih maksimal performanya atau sudah berhasil melakukan trik yang KlubTekno.com tulis disini, share di komentar ya! (da/ddr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *