KLUBTEKNO.COM

Kabar Terkini Dunia IT, Gagdet, dan Teknologi

Octopath Traveler, Game Modern dengan Sentuhan Jadul yang Lampaui Ekspektasi

Foto: unsplash.com

KlubTekno.com – Octopath Traveler, Game Modern dengan Sentuhan Jadul yang Lampaui Ekspektasi

Memang dari segi tampilan karakternya sampai setting waktunya terasa cukup jadul. Selain itu, tampilan grafisnya dirasa masih kalah dengan permainan role-playing game (RPG) sejenis. Contohnya seperti Final Fantasy, Dwanbringer, sampai dengan Iron Blade. Namun, siapa sangka game besutan Square Enix berjudul Octopath Traveler ini sukses menjadi game paling laris dan banyak dicari sekarang.

Tercatat per tanggal 13 Juli 2018 sampai sekarang, kaset game Octopath Traveler sudah terjual lebih dari satu juta copy dan terus bertambah. Bahkan kabarnya, harga kaset secondnya pun lebih mahal dibandingkan dengan saat pertama kali dirilis.

Octopath Traveler Jadi Game Populer

Alasan kenapa Octopath Traveler sangat digemari selain karena memang diproduksi dalam jumlah yang terbatas, game satu ini memiliki keunikan dari segi tampilan dan alur ceritanya. Untuk tampilannya, Square Enix Business Division 11 yang bekerja sama dengan Acquire menggunakan grafis yang dikenal dengan istilah HD-2D. Ini adalah penggabungan antara 16-bit Super NES-style dengan tampilan poligonal. Hasilnya, gambar menjadi sangat detail dan disertai efek-efek canggih untuk setiap aktivitas atau pergerakannya. Bahkan, secara sekilas tampilan game satu ini mirip ketika kamu sedang mengedit foto menjadi tampilan tilt-shift.

Overview

Untuk alur ceritanya, dalam Octopath Traveler ini ada 8 karakter yang dapat kamu pilih tergantung keinginan. Dan setiap karakter yang berasal dari berbagai belahan dunia tersebut memiliki alur dan jalan cerita sendiri-sendiri.

Setiap karakternya juga mempunyai kemampuan yang cukup unik dan sangat berguna ketika sedang melakukan petualangan dan memasuki suatu daerah atau ketika bertemu dengan lawan. Untuk mode pertarungannya, Square Enix masih mengusung cara seperti banyak ditemui dalam game-game JRPG klasik lainnya.

Karakter-karakter dalam Octopath Traveler ini selain mempunyai kemampuan sendiri-sendiri, ke-8 tokoh protagonis dalam game tersebut juga memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda. Ke-8 karakter tersebut antara lain Ophilia sang pemuka agama, Cyrus sang cendikia, Tressa si pedagang, Olberic sang kesatria, Primrose si penari, Alfyn si apoteker, Therion si pencuri, dan H’aanit sang pemburu.

Seperti halnya game-game yang membutuhkan kejelian dan keputusan tepat, di Octopath Traveler ini kamu juga dituntut untuk dapat memiliki opsi apa yang ditemui di setiap perjalanan. Dari pilihan tersebut, maka dapat menentukan tingkat kesulitan dan juga ending dari game tersebut.

Secara total, durasi dari Octopath Traveler selama 50 sampai 60 jam lamanya, akan tetapi kamu dapat saja mencapai 100 jam jika ingin mencoba mengeksplorasi semua dunia dalam game ini, sekaligus menyelesaikan semua misi yang ada.

Octopath Traveler Lampaui Ekspektasi

Game satu ini memang sudah muncul rumornya sejak pertengahan tahun 2016 lalu dan kemudian per tanggal 13 Januari 2017 kemarin, project penggarapan Octopath Traveler secara resmi dipublikasikan ke publik. Dan pada tanggal 13 September 2017, Nintendo telah merilis playable demo untuk game satu ini, termasuk trailernya.

Sayangnya, banyak kritikan yang bertubi-tubi datang ke Square Enix ataupun Nintendo terkait dengan game satu ini. Uniknya, kritikan tersebut bermunculan jauh sebelum game itu selesai dibuat dan dirilis secara resmi. Terlebih ketika demo keduanya dirilis pada tanggal 14 Juni 2018 lalu, semakin gencar cemoohan akan game satu ini.

Dan akhirnya, per tanggal 13 Juli 2018 lalu, Nintendo dan Square Enix secara resmi mempublikasikan dan merilis Octopath Traveler. Siapa sangka, game yang awalnya banyak mendapatkan cemoohan dan kritik, justru meraih nilai tinggi dari sejumlah situs preview, seperti Metacritic, Destructoid, Famitsu, Game Spot sampai dengan IGN.

Pihak Square Enix dan Nintendo mengumumkan bahwa kurang dari 2 minggu, game satu ini berhasil terjual 132, 550 copy dan terus bertambah, khususnya di pasar Jepang. Sekarang ini, kaset baru atau second dari Octopath Traveler menjadi most wanted para gamer di seluruh dunia. (da/ddr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *