KLUBTEKNO.COM

Kabar Terkini Dunia IT, Gagdet, dan Teknologi

Perluasan Ganjil-Genap? Aplikasi Waze Memudahkan Navigasi Saat Berkendara Di Ibukota

Foto: Google

KlubTekno.com – Perluasan Ganjil-Genap? Aplikasi Waze Memudahkan Navigasi Saat Berkendara Di Ibukota

Dalam rangka mensukseskan pagelaran Asian Games 2018, Pemerintah melakukan perluasan sistem ganjil-genap pelat nomor untuk kendaraan roda empat.

Kebijakan ini akan dimulai sebulan sebelum Asian Games. Adapun perluasan dilakukan dengan menambah rute dan waktu penerapan ganjil genap tersebut. Waktu penerapan ganjil genap ini rencananya bakal dimulai pukul 06.00 hingga pukul 20.00.

Beberapa ruas arteri di ibukota yang akan diberlakukan kebijakan perluasan ganjil-genap ini diantaranya kawasan Kuningan, MT Haryono, dan Gatot Subroto.

Uji Coba Perluasan Ganjil-Genap di Ibukota

Menurut Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, Polisi akan dibantu Dinas Perhubungan DKI Jakarta mensosialisasikan program perluasan ganjil-genap ini sepanjang bulan Juli.

Selama uji coba berlangsung, polisi tidak akan mengenakan tilang kepada pengendara yang melanggar. Uji coba program ini dimulai 2 sampai 31 Juli 2018.

Walaupun pembukaan Asian Games baru dimulai 18 Agustus nanti, aturan ganjil-genap ini sudah diterapkan sejak 2 Juli 2018 sebagai uji coba. Diharapkan dengan adanya uji coba ini, masyarakat lebih memahami dan terbiasa dengan kebijakan yang baru sehingga tidak terjadi chaos saat diimplementasikan secara penuh.

Untuk memudahkan pengendara yang akan melewati jalanan dengan sistem ganjil-genap pelat nomor, aplikasi Waze bisa dimanfaatkan sebagai sumber navigasi.

Perluasan Ganjil-Genap? Aplikasi Waze Memudahkan Navigasi Saat Berkendara Di Ibukota

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah menjalin kerjasama dengan Waze untuk meluncurkan fitur khusus navigasi yang dilengkapi dengan implementasi ganjil-genap di sejumlah ruas jalan ibukota.

Kehadiran fitur ini diharapkan bisa membantu pengendara saat melintasi ruas jalan yang diterapkan kebijakan ganjil-genap.

Cara Mengaktifkan Fitur Ganjil-Genap di Aplikasi Waze

Bila ingin mengaktifkan fiturnya, pengguna Waze hanya perlu masuk ke menu “setting”, lalu ke menu “navigasi”, dan pilih “license plate restriction”. Kemudian, masukkan dua digit terakhir nomor plat kendaraan pengendara.

Secara otomatis, aplikasi Waze akan mengarahkan rute lintasan yang sudah disesuaikan dengan kebijakan ganjil-genap.

Selain itu, aplikasi Waze juga sudah memperkaya fitur peta yang memberikan notifikasi kepada pengendara untuk menghindari simpang yang mengalami konstruksi dan tidak bersinyal. (ddr/ddr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *