KLUBTEKNO.COM

Kabar Terkini Dunia IT, Gagdet, dan Teknologi

Smartphone Terendam Air? Jangan Pakai Beras! Ini Cara Tepatnya

Foto: express.co.uk

KlubTekno.com – Smartphone Terendam Air? Jangan Pakai Beras! Ini Cara Tepatnya

Menjadi satu hal yang menjengkelkan ketika sedang beraktivitas menggunakan smartphone di dekat tempat yang berair dan tanpa sengaja kita menjatuhkan perangkat mobile itu sehingga membuatnya basah. Dengan kondisi smartphone terendam air, maka segala sesuatu akan menjadi runyam, bukan?

Jika smartphone yang kamu punyai sudah mengantongi sertifikat IP67 atau IP68 yang berarti tahan terhadap debu, benturan ataupun air, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan, akan tetapi bagaimana jika perangkat tersebut termasuk yang tidak tahan air atau sekadar berjenis water resistance saja? Maka, akan ribet jadinya jika harus terendam air, walaupun hanya sebentar saja.

Oleh karenanya, ada banyak saran yang beredar dari mulut ke mulut atau bahkan diulas di berbagai media online sekarang ini untuk dapat menyelamatkan smartphone terendam air, salah satunya adalah dengan meletakkannya atau menguburnya di dalam beras. Akan tetapi, benarkah hal tersebut seperti yang dianjurkan atau setidaknya efektifkah hal itu untuk dilakukan? Berikut penjelasannya.

Menggunakan Beras Adalah Tidak Tepat

Memang banyak orang yang menyarankan agar menggunakan beras sebagai sarana tepat ketika smartphone terendam air. Alasannya adalah karena beras memiliki ‘kemampuan’ untuk dapat menghisap kandungan air di dalam perangkat dan membuatnya kering sehingga dapat diaktifkan lagi.

Menurut banyak penelitian terkini, meletakkan atau mengubur smartphone yang basah karena terendam air di dalam beras, sama halnya dengan tidak melakukan apapun. Justru akan membuat air yang berada di dalam smartphone akan secara perlahan mengering dan membuat korosi yang sangat berbahaya untuk setiap komponen.

Lantas Bagaimana Dengan Pengalaman Orang Yang Berhasil Melakukannya?

Memang ada beberapa orang yang secara kebetulan berhasil mengaktifkan kembali smartphone mereka setelah terendam air dengan cara menggunakan beras. Akan tetapi tetap saja, sifat dari air, apapun jenisnya, adalah mampu membuat benda apapun menjadi korosi jika tidak disapu bersih atau dihilangkan.

Terlebih lagi, masuknya air ke bagian dalam smartphone akan membuat setiap solder joints atau sambungan di tiap-tiap timah pada lempeng PCB akan mengalami oksidasi. Setelah itu, korosi akan secara perlahan menyebar ke seluruh bagian dan pada akhirnya membuat perangkat menjadi tidak berfungsi.

Penanganan Pertama Untuk Smartphone Yang Terendam Air

Ketika kamu mendapati smartphone terendam air, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah langsung mengambil perangkat mobile tersebut dari dalam air dan jangan langsung mengaktifkannya.

Jangan pula menggunakan hair dryer atau meletakkannya di tempat yang sekiranya memiliki panas, seperti di oven atau belakang lemari es. Hal tersebut selain kurang efektif, juga dapat membuat komponen elektronik di dalamnya menjadi rusak.

Kemudian, buka setiap bagian dari perangkat agar tidak membuat air menggenang di dalam. Lepas SIM card, memory card dan baterainya. Akan tetapi, perlu hati-hati jika baterai smartphonemu adalah yang bertipe tanam atau non-removable battery.

Jemur baterai di tempat yang setidaknya menerima hawa panas dari matahari dan jangan langsung ditempatkan di bawah sinar matahari secara langsung karena akan membuatnya overheat.

Untuk bagian dalam, gunakanlah alkohol 70% ke atas dan sikat untuk dapat membersihkan setiap komponen yang terkena air. Sikat secara perlahan dan alkohol akan mengeringkannya. Perhatikan dengan seksama setiap komponen yang dibersihkan dan jangan meninggalkan bekas, seperti serpihan dari sikat gigi atau lainnya.

Setelah itu, jika kamu memiliki semprotan angin kecil seperti yang biasanya digunakan untuk membersihkan debu pada lensa kamera (rubber blow atau air duster), maka kamu dapat menggunakannya. Hanya saja, jangan terlalu keras dalam menyemprotkannya. Dan yang patut diperhatikan adalah arah menyemprotkannya. Semprotkan dengan mengambil arah ke luar, jangan terbalik karena dapat membuat air justru tertahan di dalam.

Jika semua usaha dilakukan, jangan hidupkan perangkat setidaknya selama 2 hari. Apabila 2 hari terlewati dan perangkat tidak dapat diaktifkan kembali, maka itu saatnya kamu membawanya ke tempat servis. Selamat mencoba tips sederhana jika smartphone terendam air. (da/ddr)

One thought on “Smartphone Terendam Air? Jangan Pakai Beras! Ini Cara Tepatnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *