KLUBTEKNO.COM

Kabar Terkini Dunia IT, Gagdet, dan Teknologi

Terus Berinovasi, Sony Ciptakan Lensa Kamera Dan Smartphone Terhebat Di Dunia

Foto: unsplash.com

KlubTekno.com – Terus Berinovasi, Sony Ciptakan Lensa Kamera Dan Smartphone Terhebat Di Dunia

Jika kamu mencari sebuah kamera yang memiliki teknologi terbaru dan juga sensor lensa dengan resolusi tinggi, maka Sony adalah salah satu jawabannya. Hal itu dikarenakan sejak dari dahulu memang Sony ingin menjadi yang terhebat dan menjadi pemimpin dalam dunia teknologi. Bahkan beberapa waktu lalu muncul kabar bahwa Sony ciptakan lensa dan kamera terhebat di dunia dan sudah diperkenalkan ke publik.

IMX586, Sensor Terbaru Keluaran Sony

Sensor lensa yang diperkenalkan ke publik tersebut adalah IMX586. Lensa ini berada dalam deretan sensor gambar CMOS yang juga sangat cocok ketika diaplikasikan ke dalam perangkat smartphone.

Sumber dari rilis media mengatakan bahwa sensor lensa terbaru Sony tersebut memiliki resolusi sebesar 48MP. Dengan begitu, IMX586 menjadi penakluk kamera hebat yang dimiliki oleh Huawei P20 Pro dengan 40MP serta Nokia Lumia 1020 dengan 41MP yang sudah rilis terlebih dahulu.

Saat ini memang Sony IMX586 CMOS baru bisa dimiliki oleh perusahaan yang memproduksi smartphone per bulan September 2018 mendatang. Dan konon, akan dijual dengan harga retail sebesar JPY 3,000 atau sekitar Rp 391.050 (di luar pajak). Cukup murah, bukan?

Apa Saja Fitur Unggulan Sony IMX586?

Sony memang hanya menyebutkan IMX586 akan sangat bagus ketika digunakan di dalam smartphone. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa IMX586 CMOS juga bisa diaplikasikan dalam lensa kamera.

Dengan menggunakan sensor lensa sebesar 48MP, maka diperkirakan efek yang akan didapatkan adalah munculnya banyak noise pada gambar. Pasalnya, semakin besar resolusi sensor, maka imbasnya akan terasa pada saat kamera atau smartphone digunakan untuk mengabadikan obyek di tempat yang minim pencahayaan. Namun, untuk mengatasi permasalahan itu, kabarnya Sony telah menyiapkan sebuah teknologi baru yang dinamakan “Quad Bayer Color Filter Array.

Walaupun memiliki sisi negatif yang muncul akibat besaran resolusi yang dimiliki, namun Sony menjamin gambar yang dihasilkan akan sangat tajam dan tidak akan ‘pecah’ ketika di-zoom sebesar mungkin.

Selain itu, besaran resolusi pada IMX586 CMOS tersebut tidak akan membuat sebuah gambar kehilangan tingkat level, biarpun yang terkecil sekalipun. Sony menambahkan, hasil resolusi gambar yang dihasilkan oleh sensor IMX586 adalah sebesar 8.000 x 6.000 pixel.

Tak Hanya Unggul Untuk Foto, Namun Juga Video

Tak hanya mumpuni untuk mengabadikan foto, IMX586 CMOS juga sangat handal ketika digunakan untuk merekam sesuatu dalam format video. Sony menjelaskan bahwa dengan 48MP, maka video dengan format 4K akan mencapai 90 fps, 1080p sampai dengan 240fps dan 720p sampai dengan 480fps.

Belum ada kabar resmi kapan Sony meluncurkan produk barunya tersebut. Namun, ada rumor yang mengatakan bahwa IMX586 CMOS itu akan hadir pada tahun 2019 mendatang. Bahkan, konon Apple juga berencana menanamkan IMX586 CMOS untuk produk iPhone terbarunya nanti. Penasaran, kan?

Tentunya setelah Sony ciptakan lensa dan kamera terhebat di dunia ini, maka persaingan produk yang menonjolkan sisi besaran resolusi lensa pada setiap produk kamera atau smartphone akan bertambah sengit.

Apalagi sebelumnya Huawei dengan Huawei P20 Pro telah melengkapi lensanya dengan resolusi 40MP. Sedangkan, Nokia dengan produknya Nokia Lumia 1020 telah memakai lensa beresolusi sebesar 41MP. Sepertinya, memang banyak pabrikan lain di dunia yang berusaha agar lebih unggul dari 2 produk tersebut. (da/ddr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *